Kamis, 10 Desember 2015

TIPS MERAWAT KUCING DENGAN BAIK



            Mau memelihara kucing, tapi takut dan bingung? Sebenarnya memelihara kucing itu lumayan mudah kok. Yang terpenting adalah kita harus menyayanginya terlebih dahulu. Dengan rasa sayang itu, kita dapat merawat dan memperhatikan kucing kita dengan baik. Dari pola makan untuk si kucing, kebersihannya, sampai dengan kebutuhannya pasti bisa terkendali.                          

            1.      Makanan dan Minuman Untuk Kucing

Kita harus memperhatikan makanan dan minuman untuk kucing anggora kita. Ada banyak sekali produk makanan untuk kucing anggora. Kita harus menyeleksi produk makanan apa yang baik untuk kucing peliharaan kita. Karena tidak semua produk makanan itu baik untuk si kucing. Biasanya, produk makanan yang berkaleng (makanan basah) tidak baik untuk kesehatan si kucing. Makanan kalengan ini dapat berpengaruh terhadap bulu dan umur kucing peliharaan kita. Kita pasti tidak ingin kan kucing kesayangan kita bulunya rusak atau cepat mati. So, perhatikanlah makanannya dan usahakan berikan makanan yang kering saja.
            2.     Membersihkan Kandang Kucing

Ketika kita memutuskan untuk memelihara kucing anggora, kita harus siap juga untuk merawat kucing peliharaan kita, khususnya kandang kucing. Karena kandang kucing anak menimbulkan berbagai penyakit yang menyerang kucing peliharaan kita jika kandang kucing tidak dibersihkan secara rutin.
Kita bisa membersihkan kandang kucing peliharaan kita seminggu sekali. Jangan lupa gunakan desinfektan untuk membersihkan kandang kucing.Selain itu, tempat dan pasir yang digunakan untuk membuang kotoran kucing juga harus dibersihkan. Kalau tempat dan pasir tempat buang kotoran tersebut harus dibersihkan setiap hari karena jika tidak dibersihkan, maka akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan dapat menimbulkan berbagai penyakit pula bagi kucing peliharaan kita.
Ukuran kandang kucing juga harus diperhatikan agar kucing peliharaan kita merasa nyaman. Ukuran kandang harus disesuaikan dengan berat dan ukuran kucing. Jika kita kurang faham menganai hal ini, kita bisa langsung bertanya di pet shop terdekat.

          3.     Cara Memandikan

Khusus untuk mandi anti jamur atau bakteri, sebaiknya pertama kita harus periksa terlebih dahulu bagian-bagian yang terserang jamur, karena bagian tersebut harus terkena sampo dan sikat pada saat kita mandikan. jamur atau kutu biasanya banyak menyerang pada bagian ketiak, dagu, pangkal paha, pangkal ekor, untuk scabies biasanya pada sekitar telinga.

Basahi semua pada tubuh kucing dengan air, khusus untuk kitten sebaiknya menggunakan air hangat. pastikan tubuh kucing basah merata sampai ke kulitnya, karena tidak akan efektif jika shampo pengobatan tidak mencapai kulit.

Shampoin hingga merata kesuluruh tubuh dengan cara dipijat-pijat, supaya shampo dapat meresap hingga ke akar bulu. Setelah shampo merata lalu sikat hingga bersih. Dan perlu kita ingat jangan sampai shampo mengenai bagian wajah (hidung dan mata). selesai memberikan shampo maka tunggu beberapa menit 5-10 menit supaya lebih efektif membersihkan dan menuntaskan jamur maupun kutu.

Setelah 5-10 menit lalu bilas tubuh kucing dengan air usahakan bilasnya sampai bersih. Setelah itu keringkan kucing dengan handuk/kanebo kemudian pakailah pengering blower/hairdryer supaya tubuh kucing benar-benar kering sambil disisirin supaya menghilangkan atau mengangkat bulu-bulu yang sudah mati dan mempercepat pengeringan bulu rambut kucing.
 
Yang terakhir pastikan bulu benar-benar kering hingga sampai kulit, karena jika bulu kucing masih basah akan menimbulkan kelembapan yang cocok untuk tumbuhnya bakteri maupun jamur.

Sumber :
http://semuakucing.blogspot.com/2014/11/cara-memandikan-kucing.html
http://www.duniaq.com/cara-merawat-kucing-anggora-dengan-benar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar